ANITA RAMSAY AMBARRANI

Jumat, 29 November 2013

0 Manusia dan lingkungan

5 CERITA PASAR JAKARTA
Oleh Anita Ramsay Ambarrani


Jakarta adalah kota Metropolitan , kita bisa menemukan apa saja di Jakarta . kayanya ungkapan ini memang bener banget . mau minuman, makanan, baju dan lain-lain semua ada di Jakarta dari yang harganya murah sampai harganya mahal . ngga hanya mal ke mal tapi banyak juga lho, pasar yang menjual barang dagangannya dengan harga murmer (murah meriah) . nah disini saya akan menceritakan 5 pasar yang unik di kota Jakarta .
Cerita 1 : bermain bersama ikan
Yang pertama ada Pasar Sumenep letaknya ada di Jl. Sumenep, Menteng, Jakarta Pusat . buka setiap hari , dari pukul 08.00-17.30 . di pasar Sumenep ini menjual ikan hias, kura-kura, tumbuhan air, makanan dn vitamin ikan, akuarium, batu karang, hiasan akuarium.


Dengan Rp. 50.000 kita bisa memelihara ikan . di pasar ini kita bisa dapatkan semuanya dengan lengkap dan murah . harga satu ikan koki Rp. 20.000 makanan ikan Rp. 5.000 dua tumbuhan air Rp. 10.000 dan satu akuarium plastic kecil Rp.  15.000 . nah kita sudah mendapatkan ikan dan tempat yang nyaman buat dia.

Selain itu saya punya beberapa tips nih :
·         Pintar-pintarlah menawar. Usahakan kita bisa mendapatkan harga grosir, bukan harga pembeli biasa . bukan baju aja kan yang bisa di tawar ! hehe..
·         Sebaiknya berkunjung di sore hari , ngga terlalu panas dan terik. Maklum sebagian besar pasar ini adalah ruangan terbuka yang diisi dengan berbagai kolam dan tumbuhan air.






Cerita 2 : Berburu aksesoris lucu.

Nah pasar yang kedua adalah Pasar Pagi Asemka yang berlokasi di Jl. Asemka, Kota , Jakarta Barat . buka setiap hari Senin-Sabtu, dari pukul 08.00-16.00 . di Pasar Asemka ini menjual gantungan hp, jepitan, dompet hp, ikat rambut, kalung, kipas ,  dan berbagai souvenir.






Pasar Asemka ini adalah salah satu pasar senior loh di Jakarta. Berdiri sejak tahun1980-an, pasar ini sempat mengalami pasang surut. Setelah sempat sepi karena satu dan lain hal, pasar ini kembali ramai saar era Reformasi .







Mau gaya tapi budget terbatas ? bisa kok! Dengan selembar lima puluh ribuan , kita bisa dapat banyak . contohnya kita bisa membeli dompet Hp seharga Rp. 10.000 , kalung kayu Rp. 3.500, gantungan hp imut Rp. 3.500 , sekantung ikatan rambut Rp. 9.000, selusin anting-anting lucu Rp. 10.000, selusin bros Rp.14.000 .

Saya juga punya tips nih :
·         Belanja bareng geng kita . kenapa ? soalnya sebagian barang yang dijual dengan  harga grosiran. Kita bisa dapat dengan harga yang jauh lebih murah.
·         Datanglah di tengah hari saat semua took buka . sebagian tokok ada yang tutup lebih awal lebih banyak pilihan lebih baik , kan ?

Cerita 3 : Mengenal Bunga

Pasar Rawa Belong , yang berlokasi Jl. Rawa Belong, Jakarta Barat . buka setiap hari 24 jam . di pasar ini menjual berbagai bunga hias , bunga tabor, dan rangkaian bunga. Pasar inisudah ada sejak tahun 1985 loh .

 sekarang pasar Rawa Belong terpusat pada dua bangunan besar. Satu bangunan digunakan sebagai pusat penjual bunga tabur dan alat-alat mendekorasi bunga, sedangkan bangunan yang lain digunakan oleh penjual berbagai bunga hias, mulai dari bunga aster, mawar, sampai tulip.

Pengen mencari buket bunga dengan harga murah ? di sinilah tempatnya. Seikat mawar impor berisi 20 tangkai Rp. 30.000 , seikat bunga aster isi 20 tangkai Rp. 10.000 , dua kertas tissue Rp.7.000 dan pita Rp. 3.000 . nah kita sudah bisa mendapatkan buket bunga yang indah dan menarik .

Selain itu saya juga punya tips nih untuk yg ingin berbelanja di sini :
·         Walaupun buka 24 jam sebaiknya datang di waktu subuh karena bunga segar baru saja daatang dari perkebunan .
·         Sebaiknya minta diantar sama orang disekitar kita , karena agak susah mencari angkutan umum di daerah ini apalagi di waktu subuh.


Cerita 4 : Bersantap subuh
    
Di pasar yang ke 4 ini ada Pasar Kue Subuh Senen , berlokasi di Senen, Jakarta Pusat. Buka setiap hari, pukul 20.00-06.30 . di pasar ini menjual jajanan pasar , roti , kue tart , bolu, dan bebagai jenis kue.

Walaupun bukan yang pertama pasar Kue Subuh Senen ini adalah Pasar Subuh terbesar di Jakarta. Berdiri sejak tahun 1984 pasar Kue Subuh ini telah berkembang pesat. Bayangkan saja saat ini ada 4 blok area yang menampung lebih dari 800 pedagang kue! Ckck . jadi nggak usah heran kalau kita berkunjung kesini dan bertemu dengan penjual kantin sekolah. Soalnya pasar ini memang pusatnya grosir kue.
Mau bikin acara bareng sahabat ? atau lagi cari snack untuk acara pensi ? jangan khawatir dengan selembar lima puluh ribuan kita bisa mendapatkan satu tampan jajanan pasar Rp. 20.000 , anekah kue isi 25 buah Rp. 20.000, lima buah roti Rp. 10.000 . wah banyak juga kan kue yang bisa kita beli tanpa mengeluarkan uang yg banyak .





Nah saya punya tips lagi nih :
·         Lebih banyak pilihan kue yang masih fresh setelah tengah malam dan menjelang subuh.
·         Setiap penjual punya kualitas kue yang berbeda-beda . nggak ada salahnya membeli satu dulu buat kita coba. Murah , kok ! hehe
Cerita 5 : Tenggelam dalam mainan

Pasar ke 5 ada Pasar prumpung , yang berlokasi di Jl. Prumpung, cipinang, Jakarta Timur. Buka setiap hari dari mulai pukul 08.00-19.00 . di pasar ini menjual berbagai jenis mainan dari yang modern seperti Scrabble dan monopoli, sampai ke mainan tradisional seperti bekel dan congklak.
Memang usia pasar ini masih muda , berdiri sejak tahun 2000 , tapi pasar prumpung ini ngga kalah bersaing dengan pasar yang lainnya. Buktinya setiap hari banyak pembeli grosiran yang menjual kembali mainanya atau orang tua yang cuma ingin membeli mainan untuk anaknya.



Dengan Rp. 50.000 kita bisa dapat banyak barang nih mulai dari kartu remi lucu Rp. 5.000 , kartu UNO Rp. 15.000, kubus Rp. 10.000 , dan boneka dan tiga pasang baju gantinya Rp. 20.000.

Dan tips yang terakhir dari saya yaitu :
·         Jangan memakai barang yang mencolok seperti perhiasan yang banyak karena nanti harga yang di tawarkan lebih mahal.
·         Karena lokasi pasar ini di pinggir jalan , parkir terkadang menjadi masalah . jadi lebih baik naik angkot atau parkir di tempat yang agak jauh dan aman .
Nah itu lah cerita saya tentang 5 pasar unik dan murah di Jakarta . semoga cerita saya bermanfaat untuk anada yang ingin berkunjung ke salah satu pasar diatas J



Sumber :

Majalah Gadis edisi 12

0 komentar:

Posting Komentar

Kursor Blog